Friday, April 12, 2019

SERVICE JUMP

Bagaimana cara melakukan service lompat (Jump serve) dalam bola voli? Yuk ikuti langkah di bawah ini :

7 Langkah Mudah Melakukan Jump Serve (Service Lompat) dalam Bola Voli

1.Pastikan Anda sudah siap melakukan service ini

Pastikan posisi Anda sudah sipa untuk melakukan service.Service jumping (lompat) adalah salah satu service bola voli yang sulit dilakukan daripada jenis service bola voli lainnya.Dalam melalukan service ini harus punya keyakinan penuh.

2.Perhatikan garis belakang saat melakukan service

Anda harus memastikan bahwa posisi Anda berada di belakng garis batas (atur jarak).Dalam permainan bola voli jika ingin melalukan jumping serve harsu di lakukan di belakang garis belakang ,walaupun nantinya Anda bisa mendarat di dalam bidang lapangan setelah melompat.

3.Ambil sikap (posisi siap)

Tempatkan kedua kaki Anda selebar bahu,dengan posisi kaki sisi tangan yang tidak memukul sedikit di depan.Ambillah beberapa langkah ke depan (pastikan posisi Anda sudah nyaman).Peganglah bola dengan salah satu tangan (shelf) dan siap-siap untuk menarik lengan yang memukul ke belakang untuk mengayun.

4.Langkahkan kaki ke depan

Ambillah dua langkah ke depan,dimulai dengan kaki kiri.Jangan melangkah terlalu lebar ,karena akan membuat Anda kehilangan keseimbangan saat memukul.Pada saat latihan ,Anda melatih langkah-langkah tersebut secara perlahan.Namunn jika dalam pertandingan Anda harus melakukannya dengan cepat.

5.Lemparkan bola ke atas

Pada permulaan langkah ketiga ke depan,lempar bola ke udara sekitar 30 – 45 cm dengan tangan shelf.

Lemparkan bola langsung di depan Anda, bukan ke samping, untuk meningkatkan peluang memukul bagian tengah bola dan melakukan servis yang lebih baik.Pastikan melempar bola sedikit ke depan, bukan tepat di atas Anda. Pasalnya, Anda akan bergerak ke depan untuk melompat dan tak ingin harus menjangkau ke belakang untuk memukul.

6.Loncatlah ke atas ke arah depan sembari menarik lengan Anda ke belakang

Anda harus meloncat sekuat mungkin,untuk memberikan momentum pada pukulan.Angkatlah lengan ke atas ke arah belakang,dengan siku sedikit di atas telinga.

Gunakan momentum untuk mendorong badan ke depan bersamaan dengan pukulan; bola harus berada di sekitar ketinggian mata sebelum Anda mengayun.

7.Pukulah bolanya dengan tepat

Anda bisa memilih memukul bola anatar service megapung atau cekis.Gunakan tehnik yang sama di antara keduanya ,hanya saja di lakukan di udara.

Catatan :

Untuk melakukan service jumping yang baik dan benar dalam bola voli Anda harus melatihnya dengan giat.Perhatikan langkah-langkah saat melakukan service.Selain itu timming juga sangat mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan service ini.

Nah,demikianlah langkah-langkah untuk melakukan jumping service dengan baik dan benar dalam permainan bola voli.Mintalah bantuan teman dalam latihan jenis service jumping yang bisa Anda lakukan di rumah.Jangan mengayunkan bola terlalu keras karena bisa saja nolamalah melambung ke atas atau tidak tidak tepat sasaran.Terima kasih.


Untuk lebih detail berikut vidio dibawah ini?

No comments:

Post a Comment

Kata - Kata Bijak Dunia Olahraga

Sukses adalah hak setiap orang. Perkaranya adalah bagaimana orang mengusahakan dirinya untuk bisa mencapai kesuksesan. Ada orang yang sanga...